Ayo Dukung Program Peduli Muslim Bantuan Khusus Pengungsi Bangladesh & Rohingnya Myanmar

DONASI

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

مَنْ نَفَّسَ عَنْ مُؤْمِنٍ كُرْبَةً مِنْ كُرَبِ الدُّنْيَا، نَفَّسَ اللَّهُ عَنْهُ كُرْبَةً مِنْ كُرَبِ يَوْمِ الْقِيَامَةِ

“Barangsiapa melepaskan dari seorang mukmin satu kesusahan di antara kesusahan di dunia, maka Allah akan melepaskannya dari kesusahan dari kesusahan di hari Kiamat kelak.” (HR Muslim)

Jumat (15/05/15) siang kemarin Peduli Muslim mendapatkan info dari salah satu pegawai Puskemas Langsa, Aceh, bahwa pada Jumat pagi, ratusan pengungsi asal Bangladesh dan Rohingnya Myanmar mendarat di Langsa, Aceh. Mereka diperkirakan berjumlah sekitar 700 orang, sebagiannya dari Bangladesh, sebagiannya lagi dari negara bagian Rakhine, Myanmar. Mereka melarikan diri dari Rakhine karena situasi konflik dengan kaum Buddha ekstremis yang menindas mereka. Oleh karena itu, sebagian dari mereka nampak terluka di bagian kepala karena sabetan senjata tajam.

Saat mendarat di Langsa, mereka dalam kondisi dehidrasi, kelaparan, dan duduk berhimpitan dalam kapal tongkang setelah berhari-hari berada di lautan tanpa bekal yang mencukupi.

Begitu mendengar kondisi saudara kita yang sedang mendapatkan ujian kesusahan tersebut, Peduli Muslim segera mengadakan konsolidasi intern, yang kemudian langsung diputuskan bahwa pada Ahad pagi (17/05/2015), Peduli Muslim mengirimkan tim pertama sebagai surveyor, sekaligus membawa dana bantuan awal lima puluh juta rupiah. Tim ini akan berangkat ke Langsa melalui Medan, sekaligus bergabung dengan kawan-kawan relawan lain yang sudah menunggu di Medan.

Tim pertama ini mengemban tugas utama memperhatikan kondisi pengungsi, mendata kebutuhan pokoknya, sekaligus menganalisis apakah bantuan dari pemerintah maupun dari NGO-NGO sudah mencukupi atau belum. Dari analisis tersebut, akan menentukan pemberangkatan tim berikutnya, dengan bantuan-bantuan yang “tepat sasaran” bagi mereka.

Kaum muslimin yang ingin turut berpartisipasi dalam pendonasian program khusus ini, dapat menyalurkannya melalui rekening:

BNI Syariah no: 77.55.33.11.26 a.n. Yayasan Pendidikan Islam Al Atsari

Transfer via ATM/sms banking/internet banking dari bank non BNI Syariah, dapat dilakukan dengan memilih kode bank tujuan transfer: BANK BNI, yaitu: 009. Kode bank BNI Syariah dan BNI konvensional terkoneksi satu sama lain.

Tidak lupa kami sampaikan kepada para donatur diharapkan memberikan sms konfirmasi ke nomor
085643210993, dengan format:

BNI26#Khusus Rohingnya#Nama#Alamat#Bank Asal Transfer#Tanggal Transfer#Nominal Transfer

Contoh: BNI 26#Khusus Rohingnya#Ahmad#Jakarta#BCA#16 Mei 2015#50.000

Info Tambahan:

  1. Donasi ini akan ditutup lima hari ke depan (21 Mei 2015), sebagai donasi Rohingnya tahap I.
  2. Jika kondisi pengungsi mengharuskan mendapaatkan tambahan bantuan, akan dibuka lagi donasi tahap berikutnya.

Semoga Allah ta’ala menolong saudara-saudara kita yang sedang mengalami ujian kesusahan atau penindasan tersebut. Dan semoga Allah ta’ala mengikhlaskan niat kita semua dalam membantu meringankan beban mereka. Allahumma aamiin.

peduli_muslim_rohingya_langsa_aceh
peduli_muslim_rohingya_langsa_aceh

Comments (0)

Komentar anda?