Dauroh Qawaidh Fiqhiyyah Ma’had Al-‘Ilmi

Alhamdulillah, pada hari Sabtu dan Ahad (10-11/11/2018 dan 17-18/11/2018) yang lalu telah dilaksanakan Daurah Qawaidh Fiqhiyyah oleh Ma’had Al-‘Ilmi di bawah naungan Bidang Pendidikan YPIA. Tujuan dari kegiatan ini antara lain untuk menyebarkan ilmu syar’i secara ta’shily (sistematis) dan sebagai materi tambahan diluar materi reguler serta pengenalan kaidah-kaidah dalam fiqh sebagai bekal bagi santri Ma’had Al-‘Ilmi dalam mendalami fiqh secara umum dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Dauroh ini diadakan di Masjid Al-Ashri Pogung Rejo, Sinduadi, Mlati, Sleman, D.I. Yogyakarta dan diampu oleh beliau Al-Ustadz Aris Munandar, M.P.I. hafidzahullahu ta’ala.

Kajian ini membahas kaidah-kaidah di dalam fiqh dari Kitab Syarah Mandzumah Al Qawaidil Fiqhiyyah karya Syaikh Shalih bin Abdullah bin hammad Al Ushaimi rahimahullahu ta’ala, dimana ilmu kaidah-kaidah fiqh merupakan salah satu bagian dari ilmu fiqh yang akan memudahkan para penuntut ilmu dalam menghafal serta menerapkan ilmu fiqh di dalam kehidupan sehari-hari karena kaidah mencakup berbagai hal yang bersifat rinci.

Kitab yang dibahas merupakan kitab ringkas (matan) yang penulis membawakannya dengan metode syair/nadzhom sebagaimana beberapa matan di bidang ilmu lain. Cakupan pembahasan dari matan ringkas ini diantaranya, kaidah-kaidah fiqh serta beberapa turunnya dan beberapa kaidah ushul fiqh. Kegiatan ini merupakan rangkaian dauroh dalam semester ganjil dari Kegiatan Belajar Mengajar Ma’had Ilmi Tahun Ajaran 1439-1440 Hijriah.

Dauroh ini dihadiri oleh 62 orang yang terdiri dari 32 peserta ikhwan (laki-laki) dan 30 peserta akhwat (perempuan). Acara berlangsung sangat kondusif dan para hadirin menyimak dengan baik. Peserta membaca kitab atau modul yang telah diberikan dan ustadz membaca serta menerjemahkannya. Peserta kajian didominasi oleh para mahasiswa dan mahasiswi. Dauroh selesai lebih dahulu dari jadwal karena materi telah selesai sebelum waktu yang telah di jadwalkan.

Comments (0)

Komentar anda?