SEMARAK RAMADHAN YPIA YOGYAKARTA 1439 H/2018

Bismillahirrahmanirrahim

Alhamdulillah, segala puji bagi Allah subhanahu wata’ala, shalawat dan salam semoga terlimpahkan kepada Nabi Muhammad shalallahu ‘alaihi wa salam dan keluarganya, sahabatnya, serta orang-orang yang mengikuti mereka dalam kebaikan hingga hari akhir kelak. Amma ba’du.

Bulan Ramadhan merupakan bulan mulia yang kehadirannya senantiasa dinantikan oleh kaum muslimin. Di bulan ini, amalan sholih dilipatgandakan ganjarannya. Oleh karena itu, orang-orang yang memahami keistimewaan Bulan Ramadhan ini tidak akan menyia-nyiakan sedikitpun waktunya. Kaum muslimin akan berlomba-lomba untuk mengisi waktu paginya, waktu siangnya, waktu sorenya, dan terutama waktu malamnya untuk beribadah mendekatkan diri kepada Allah.

Masjid-masjid akan menjadi lebih ramai terisi oleh para jama’ah dibandingkan bulan-bulan lainnya. Semangat seorang muslim untuk beribadah di Bulan Ramadhan akan saling menular dan menguatkan antara seorang muslim dan lainnya. Pintu-pintu kebaikan yang biasanya sepi dengan peminat akan kita dapati terbuka dngan sangat lebarnya dengan sejumlah besar orang berbondong-bondong memasukinya.

Oleh karena itu, Yayasan Pendidikan Islam Al Atsari Yogyakarta berencana untuk mengadakan serangkaian kegiatan dakwah pada Bulan Ramadhan 1439 H ini. Selain itu, Yayasan Pendidikan Islam Al Atsari juga membuka peluang untuk para muhsinin yang ingin berpartisipasi dalam rangkaian kegiatan dakwah ini.

Di antara rangkaian kegiatan dakwah YPIA pada bulan Ramadhan 1439 H ini adalah:

1. Penyaluran Buka Puasa Bersama

Kegiatan ini berupa menyalurkan makanan dan minuman untuk buka puasa bagi kaum muslimin jamaah masjid di berbagai penjuru wilayah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

2. Penerbitan Buku Spesial Ramadhan

YPIA akan menerbitkan Buku Spesial Ramadhan: “Sehat dan Sunnah di Bulan Ramadhan” & “Inilah Jalanku, Jalan Rasulullah dan Para Sahabat”. Buku ini merupakan karya dari Ustadz dr. Raehanul Bahraen dan Ustadz Ari Wahyudi S.Si hafizhahumallahu. Buku Spesial Ramadhan ini akan didistribusikan secara gratis ke masjid-masjid, sekolah, sekolah, kampus, perusahaan, majelis ta’lim, instansi, dan sebagainya.

3. Kajian Pra Ramadhan

Kajian yang memberikan materi tentang Fiqih Ramadhan dan Motivasi Oleh Ustadz Ammi Nurbaits. Acara ini berupa kajian terbuka untuk umum, putra dan putri.

4. Kajian Intensif Ramadhan

Kajian intensif Ramadhan akan diselenggarakan mulai tanggal 1 – 20 Ramadhan. Bersama Ustadz Aris Munandar, S.S., M.Pi., hafizhahullahu. Materi yang disampaikan adalah “Shalatnya Sang Nabi” dengan merujuk pada buku “Syarah Kaifiyatun Salatin Nabi li Ibni Baz” di Masjid Al-Ashri pogung Rejo pada pukul 05.30 – 07.30 WIB. Kajian ini terbuka untuk umum, putra dan putri.

5. Bahasa Arab Dasar Ramadhan

Kegiatan BADAR Ramadhan merupakan salah satu program kegiatan belajar bahasa Arab di Ma’had Umar bin Khattab yang bertujuan untuk mendidik santri dengan rangkaian kitab pilihan guna memahamkan kaidah bahasa Arab hingga mencapai kemampuan yang diharapkan. Kelas yang dibuka pada periode ini adalah kelas nahwu dasar (Kitab Al Muyassar) dan sorof dasar (Kitab Al Kaafi)

6. Kajian Menjelang Buka Puasa

Kajian Menjelang Buka Puasa akan diselenggarakan mulai tanggal 1 – 20 Ramadhan. Materi yang disampaikan adalah “Rambu-rambu Bid’ah” dengan merujuk pada buku “Mi’yarul Bid’ah”. Pemateri kajian yang memberikan pelajaran adalah Ustadz Aris Munandar, S.S., M.Pi. Tempat penyelenggaraan kajian dilakukan di masjid Al-Kautsar Pogung Baru pada pukul 16.00 – menjelang waktu berbuka puasa dan terbuka untuk umum khusus putra.

7. Tahsin Al Quran

Kegiatan belajar untuk memperbaiki pembacaan Al-Quran, akan dilaksanakan pada 1 – 20 Ramadhan ba’da shalat tarawih selama 45 – 60 menit. Pelajaran dilakukan di masjid sekitar Pogung dengan pengajar dari Kampus Tahfidz Yogyakarta dan terbuka untuk umum.

8. Pelayanan Kultum Dan Ceramah

Kegiatan diperuntukkan bagi masjid-masjid yang menawarkan kerjasama dalam mengisi kultum baik ba’da shubuh maupun kultum terawih.

9. Pengumpulan Dan Penyaluran Zakat Mal

Bekerja sama dengan Peduli Muslim. Zakat mal akan disalurkan kepada orang-orang yang berhak menerimanya.

10. Bingkisan Hari Raya Untuk Penggiat Dakwah Dan Tokoh Masyarakat

Bingkisan hari raya diberikan kepada para ustadz, pengajar ma’had, dan tokoh masyarakat yang telah berperan aktif dalam berbagai kegiatan yang telah dilaksanakan oleh Yayasan Pendidikan Islam Al-Atsari. Kegiatan ini bertujuan sebagai tanda terima kasih dan sebagai bentuk penguat rasa cinta sesama muslim.

—-

Bagi donatur yang ingin memberikan bantuan dalam kegiatan ini, bisa ditransfer ke nomor rekening sebagai berikut:

  1. Bank BNI Syariah Yogyakarta atas nama Yayasan Pendidikan Islam Al-Atsari Yogyakarta dengan nomor rekening : 024 191 3801.
  2. Bank Syariah Mandiri atas nama YPIA Yogyakarta dengan nomor rekening 703 157 1329.

CATATAN:

Setiap donatur dimohonkan untuk mengonfirmasikan donasinya ke nomor :

Donasi Dakwah YPIA 0857-4722-3366 (SMS/WA/Telpon).

Format konfirmasinya adalah sebagai berikut:

Nama # Domisili # Email # Besar Donasi # Tanggal Transfer # Rekening Tujuan # Peruntukkan Kegiatan (opsional) #

Contoh:

Abdullah # Yogyakarta # abdullah@ypia.or.id # 2.500.000 # 25 April 2018 # BNI Syariah # Buka Puasa #

Ahmad # Yogyakarta # Ahmad@abcd.co.id # 4.000.000 # 23 Januari 2018 # Mandiri Syariah # Penerbitan Buku

:: Rekening Zakat Mal : Bank BNI Syariah Kantor Cabang Yogyakarta.

Nomor Rekening : 4444.433.214 atas nama Peduli Muslim

Anda yang telah mentransfer uang zakat, dimohon untuk memberikan konfirmasi (via sms only) ke nomor 0823-2258-9997 (panitia zakat mal) dengan formatnya adalah sebagai berikut:

Nama # Domisili # Email # Besar Donasi # Tanggal Transfer # Zakat Mal #

Abdullah # Yogyakarta # abdullah@ypia.or.id # Rp.2.500.000 # 10 Mei 2014 # Zakat Mal #

Insya Allah, uang zakat ini akan kami salurkan kepada yang berhak, dan akan kami laporkan kepada donatur di situs facebook fanspage https://www.facebook.com/Peduli.Muslim

—-

Berikut ini merupakan Proposal Semarak Ramadhan 1439 H / 2018 YPIA Yogyakarta

KLIK:

http://bit.ly/ProposalRamadhanYPIA

Mari bersemangat menyambut Ramadhan bersama YPIA Yogyakarta…!

Comments (0)

Komentar anda?