Forum Kajian Islam Mahasiswa (FKIM)

Merupakan sebuah wadah bagi mahasiswa di Yogyakarta untuk berpartisipasi dalam dakwah Islam sesuai manhaj ahlussunnah. FKIM membantu memfasilitasi kegiatan dakwah mahasiswa sehingga diharapkan tersebar dakwah sunnah di kalangan mahasiswa Yogyakarta.

Lokasi kegiatan FKIM saat ini cukup luas karena mencakup mahasiswa dari berbagai universitas di Yogyakarta. Seperti Universitas Gadjah Mada, Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas Islam Indonesia dan Sekolah Tinggi Teknik Nuklir BATAN. Kedepannya diharapkan dapat meliputi seluruh Universitas di Yogyakarta. Sekretariat FKIM sendiri ada di kantor Yayasan Islam Pendidikan Al-Atsari (YPIA) Yogyakarta. 

Kepengurusan FKIM

Kepengurusan FKIM terbagi menjadi 2 departemen yaitu Departemen Dakwah dan Departemen Media. Hal ini untuk memudahkan berjalannya program kerja FKIM. Departemen Dakwah FKIM secara umum mencakup kegiatan dakwah mahasiswa secara langsung. Departemen Media FKIM secara umum mencakup kegiatan dakwah melalui media sosial. Pengurus FKIM merupakan mahasiswa dari beberapa universitas. Semuanya diseleksi dan direkomendasikan oleh pengurus sebelumnya serta tokoh ulama.

Program-program kerja yang dimiliki FKIM diantaranya :

1. Kajian Akbar Mahasiswa

Kajian akbar mahasiswa diadakan dua kali setiap semester. Kajian ini biasanya akan membahas topik yang sedang hangat dibicarakan, dibahas dari sudut pandang Al-Qur’an dan sunnah. Kajian akbar bersifat umum namun lebih ditujukan kepada kalangan mahasiswa. Lokasi kajian berada di masjid sekitar kampus UGM dan UNY. Beberapa diantaranya yaitu Masjid Kampus UGM, Masjid Mujahiddin, Masjid Pogung Raya dan Masjid Nurul Ashri .

2. Kajian Rutin Kampus

Kajian rutin kampus diadakan setiap pekan atau setiap bulan di kampus-kampus. Tema yang dibahas berupa kajian tematik, kajian kitab, Bahasa Arab dan tahsin Al-Qur’an.

3. Poster Ayo Ngaji

Poster Ayo Ngaji merupakan media dakwah yang berisikan info jadwal kajian Sunnah di Yogyakarta. Poster diedarkan secara gratis setiap 3 bulan sejumlah 4 rim atau 2000 lembar. Distribusi Poster Ayo Ngaji ditujukan ke masjid-masjid di sekitar kampus. Tujuannya agar para mahasiswa mengenal kajian Sunnah. Selain dicetak, poster ini juga diedarkan melalui media sosial agar cakupannya lebih luas.

4. Majalah Uleenuha

Majalah Uleenuha merupakan majalah yang diproduksi setiap semester ganjil. Majalah Uleenuha dibagikan secara gratis kepada mahasiswa baru di beberapa Universitas seperti UGM, UNY, UII dan lainnya. Produksi majalah mencapai 20 ribu eksemplar. Majalah Uleenuha membahas artikel-artikel menarik baik pengetahuan umum maupun pengetahuan tentang Islam.

Kenali program Yayasan Pendidikan Islam Al-Atsari lainnya:
Ilmu untuk para mahasiswa muslim:

Profil Kami

Bagikan ke sosial media

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Share on facebook