Profil YPIA

Yayasan Pendidikan Islam Al-Atsari adalah yayasan yang bergerak di bidang dakwah publik dan pembinaan generasi muda, khususnya mahasiswa, dan umat Islam pada umumnya. Yayasan ini beralamat di Pogung Rejo RT 14/RW 51 no. 412, Desa Sinduadi, Kepanewon (Kecamatan) Mlati, Kabupaten Sleman, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia. Kode pos 55284. Yayasan ini telah diakui keberadaan dan aktivitasnya dengan adanya akta notaris : Muhammad Fauzan Hidayat, SH. MKn./ Nomor 02/Tanggal 19 September 2011.

Fokus Yayasan

Yayasan ini memfokuskan diri dalam pembinaan mahasiswa khususnya yang diwujudkan dalam bentuk pengadaan kursus bahasa Arab dasar, perbaikan bacaan Al Qur’an (tahsin), kajian Islam intensif, dan pondok pesantren mahasiswa. Pembinaan umat secara umum diwujudkan dalam 4 bidang konsentrasi kegiatan, yaitu pada bidang pendidikan, dakwah, media, dan kemuslimahan.

Untuk Bidang Pendidikan, YPIA membentuk 4 divisi; Ma’had al-‘Ilmi, Ma’had Umar Bin Khattab (yang dahulu hanya berupa panitia BADAR), Kampus Tahfizh (pembelajaran tahsin dan tahfizh), dan Wisma Muslim (untuk menampung teman-teman mahasiswa yang ingin mendapatkan lingkungan yang kondusif untuk belajar dan mengaji).

Untuk Bidang Dakwah, YPIA membentuk 3 divisi, yaitu; Kajian Umum, FKIM (Forum Kajian Islam Mahasiswa), dan Ma’had Yaa Abati (Ma’had bagi para bapak yang sudah berkeluarga dan bekerja).

Adapun untuk Bidang Media, YPIA membentuk 5 divisi; Buletin At Tauhid, Website Dakwah (www.muslim.or.id dan www.muslimah.or.id), Radio Muslim 1467 AM (streaming : www.radiomuslim.com), Multimedia, dan Publikasi.

Untuk Bidang Kemuslimahan, kegiatan yang ada diwadahi dalam forum yang disebut dengan FKKA (Forum Kegiatan Kemuslimahan Al-Atsari), kegiatannya meliputi Kajian Rutin Muslimah (Karumah), Muslimah Mengaji, dan Buletin Muslimah Zuhairoh.

Pendiri

Pada awalnya, yayasan ini dibentuk dengan nama Lembaga Bimbingan Islam Al-Atsary yang dipelopori oleh; Ust. Kholid Syamhudi, Lc. (Alumnus Universitas Islam Madinah Arab Saudi), Ust. Abu Sa’ad Muhammad Nur Huda, M.A. (Alumnus Universitas Islam Darul ‘Ulum Pakistan), dan Ust. Fauzan bin Abdillah, S.T., M.A. (Alumnus Universitas Gadjah Mada Yogyakarta) beserta beberapa penggerak dakwah lainnya yang tidak dapat disebutkan satu persatu di sini.

BIDANG PENDIDIKAN FORMAL

SDIT Yaa Bunayya

SDIT Yaa Bunayya adalah sekolah dasar yang mengajarkan anak didiknya AlQuran dan sunnah sejak dini dengan pemahaman salafus salhih agar anak didiknya dapat memiliki akhlak mulia, akidah yang shahih, dan amal yang shalih.
SDIT Yaa Bunayya hadir sebagai solusi untuk menjawab era globalisasi yang begitu bebas dan banyak memengaruhi akhlak para pelajar di Indonesia. Didirikan pada tanggal 1 Juni 2011,  diprakarsai oleh Ustadz Abu Sa’ad Muhammad Nurhuda rahimahullah.
SDIT Yaa Bunayya berlokasi di Jl. Pandega Marta, Pogung Lor, Sinduadi, Mlati, Sleman, Yogyakarta.
Saat ini SDIT Yaa Bunayya dikepalai oleh Ustadz Nur Kholis, S.Pd.SD terhitung mulai tanggal 2 Mei 2018. SDIT Yaa Bunayya memiliki 22 guru dan 6 karyawan yang sifatnya sebagai guru tetap atau karyawan tetap, dan ada juga yang sifatnya sebagai guru tidak tetap atau karyawan tidak tetap. Sedangkan untuk jumlah siswa di SDIT Yaa Bunayya hingga saat ini berjumlah 233 siswa.

BIDANG PENDIDIKAN NON FORMAL
YPIA Academy

YPIA Academy merupakan Divisi di YPIA yang mengelola beberapa Pendidikan Non Formal, di antaranya:

1. Mahad Al ‘Ilmi
2. Mahad Umar bin Khattab
3. Kampus Tahfidz
4. Ma’had Yaa Abati

Mahad Ilmi

Ma’had Al-’Ilmi Yogyakarta merupakan salah satu wadah pengkaderan penggerak dakwah salaf dari kalangan mahasiswa dan akademisi. Para mahasiswa dari berbagai daerah menimba ilmu di Ma’had ini di tengah-tengah kesibukan mereka di bangku perguruan tinggi.

Di ma’had ini, santri dan santriwati mendapatkan pembekalan ilmu-ilmu dasar terkait dengan tauhid, akidah, fikih, serta ilmu-ilmu lain yang menjadi penopang pengembangan diri sebagai penimba ilmu syar’i dan kader da’i. Termasuk juga ilmu ushul fikih, ushul tafsir, ushul hadits, dan lainnya. Perjalanan Ma’had Al-’Ilmi sebagai sebuah lembaga pendidikan luar kampus bagi para mahasiswa cukup besar dirasakan kemanfaatannya, tidak hanya bagi individu yang bersangkutan namun juga oleh masyarakat dan khususnya para pegiat dakwah di lapangan.

Lulusan Ma’had Al ‘Ilmi diharapkan lebih bisa memahami ilmu-ilmu dasar untuk memunaikan kewajiban individunya (aqidah, ibadah, akhlak, dan sebagian muamalah), serta memiliki ilmu-ilmu alat sebagai bekal pengembangan kemampuan ilmiah dirinya sebagai thalibul ‘ilmi dan calon da’i (ushul fiqih, mushthalah hadits dan qawa’id fiqhiyah).

Mahad Umar bin Khattab

Ma’had Umar bin Khattab adalah salah satu program yang diselenggarakan YPIA Academy di bawah naungan Yayasan Pendidikan Islam Al Atsari, bersama dengan Ma’had al-‘Ilmi, Kampus Tahfizh, dan Ma’had Yaa Abatii. Fungsi umum dari program ini adalah untuk membekali kaum muslimin (terutama mahasiswa) dengan kemampuan dasar membaca kitab para ulama.
Program ini dirancang bagi kaum muslimin secara umum, walaupun target utamanya adalah mahasiswa yang mempunyai tekad untuk belajar bahasa Arab, dan merupakan program wajib bagi mereka yang ingin mengikuti Ma’had al-‘Ilmi.
Di MUBK, peserta didik dibimbing secara bertahap dan berkelanjutan sehingga bisa menguasai kemampuan dasar bahasa Arab, khususnya membaca kitab, dan mengenal secara global manhaj /metode yang benar dalam beragama.

Kampus Tahfizh

Kampus Tahfizh merupakan wadah kegiatan mahasiswa yang bergerak dalam pembinaan ruhiyah mahasiswa, melalui pembinaan Al Qur’an. Kegiatan ini merupakan salah satu program YPIA Academy di bawah pengawasan Yayasan Pendidikan Islam Al Atsari. Harapannya, Kampus Tahfizh dapat mendidik generasi umat ini menjadi generasi yang Qur’ani.

Kampus Tahfizh menawarkan berbagai program yang bertujuan untuk mencetak generasi pecinta dan penghafal Al Qur’an, terutama dari dunia kampus. Selain itu, Kampus Tahfizh juga bertujuan untuk memberikan materi tahsin dan tahfizh Al Qur’an kepada mahasiswa secara profesional, meningkatkan kuantitas dan kualitas interaksi umat terhadap Al Qur’an, serta mewujudkan masyarakat yang gemar membaca dan menghafal Al Qur`an dengan tartil.

Berbagai program tersebut dilaksanakan di mushola dan masjid di sekitar kampus UGM dan lainnya. Metode pembelajaran yang ditawarkan pun beragam, mulai dari pelatihan tahsin dan tajwid, talaqqi, setoran hafalan Al Quran, kajian rutin, camp qur’an, dan kegiatan lainnya.

Ma’had Yaa Abati

Ma’had Yaa Abati merupakan Program YPIA Academy yang diperuntukan bagi para ayah yang sudah bekerja dan berkeluarga yang mendambakan belajar ilmu syar’i di tengah kesibukan bekerja. Program belajar MYA berlangsung selama 2 semester. Materinya meliputi akidah dan manhaj, fiqih praktis, bahasa Arab dasar, hafalan hadits, dan doa. Kegiatan pembelajarannya berupa kajian reguler, kajian spesial, bahasa arab dasar, setoran hafalan hadits dan doa pilihan.

BIDANG DAKWAH

Wisma Muslim
Wisma Muslim Yogyakarta adalah wisma, asrama, atau tempat tinggal bagi para mahasiswa muslim/muslimah, yang bersedia dan berkomitmen untuk memenuhi visi dan misi Islami. Wisma Muslim Yogyakarta dikelola oleh Yayasan Pendidikan Islam Al-Atsari (YPIA) Yogyakarta dan berlokasi di sekitar kampus UGM Yogyakarta. Wisma Muslim untuk ikhwan (putra) ada 3 jenis:
1. Wisma Dasar
2. Wisma Ma’had Ilmi
3. Wisma Mandiri

Wisma Dasar terdiri dari Wisma Darul Hadits, dan Wisma Darun Naja. Materi yang diajarkan pada materi dasar terdiri dari Bahasa Arab, tahsin, tahfiz, setoran doa, dan kajian pekanan. Wisma Ma’had Ilmi bertempat di Wisma Wisma Darul Quran, dengan materi yang diajarkan menyesuaikan program Ma’had Ilmi ditambah hafalan matan. Wisma Mandiri bertempat di Wisma Darul Huda, program yang diajarkan setoran Al Quran, bacaan doa, dan baca kitab.

Setiap wisma mengadakan kajian pekanan. Materi kajian pekanan dapat berupa tazkiyatun nafs dan motivasi agar penghuni wisma tetap semangat menuntut ilmu, baik ilmu agama, maupun ilmu umum dan perkuliahan. Kegiatan lain di Wisma Muslim adalah Upgrading, Rihlah, Kerja bakti di lingkungan sekitar, berkontribusi sebagai panitia kajian, dan lainnya.

Forum Kajian Islam Mahasiswa (FKIM)

Forum Kajian Islam Mahasiswa adalah sebuah wadah bagi para mahasiswa di Yogyakarta untuk ikut berpartisipasi dalam mendakwahkan Islam sesuai dengan manhaj ahlussunnah. FKIM membantu memfasilitasi kegiatan dakwah para mahasiswasehingga diharapkan tersebar dakwah Sunnah di kalangan mahasiswa seluruh Yogyakarta.

Forum Kajian Islam Mahasiswa (FKIM) memiliki beberapa progam kerja yang membantu kegiatan dakwah mahasiswa yang sesuai dengan Al Qur’an dan Sunnah.

Lokasi kegiatan FKIM saat ini cukup luas karena mencakup beberapa universitas di Yogyakarta seperti Universitas Gadjah Mada, Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas Islam Indonesia dan Sekolah Tinggi Teknik Nuklir BATAN. Kedepannya diharapkan dapat meliputi seluruh Universitas di Yogyakarta. Sekretariat FKIM sendiri ada di kantor Yayasan Islam Pendidikan Al-Atsari (YPIA) Yogyakarta.

Kepengurusan FKIM terbagi menjadi 2 departemen yaitu Departemen Dakwah dan Departemen Media. Hal ini untuk memudahkan dalam menjalankan program-program kerja FKIM. Departemen Dakwah FKIM secara umum mencakup kegiatan dakwah mahasiswa di lapanngan, seperti mengadakan kajian. Departemen Media FKIM secara umum mengurusi kegiatan dakwah melalui media social, seperti percetakan poster dan majalah. Pengurus FKIM tentunya merupakan mahasiswa yang terdiri dari beberapa kampus yang sudah diseleksi dan direkomendasikan oleh teman-teman pengurus yang lainnya ataupun tokoh.

BIDANG MEDIA

Muslim.or.id
Muslim.or.id adalah situs yang dikelola oleh mahasiswa dan alumni di Yogyakarta dan sekitarnya.
Muslim.or.id berusaha menyebarkan dakwah Islamiyyah Ahlu Sunah wal Jama’ah di jagad maya.
Moto Muslim.or.id adalah
“Memurnikan Aqidah, Menebarkan Sunah”.

Radio Muslim
Radio muslim merupakan radio dakwah yang berada di tengah-tengah kota Yogyakarta, di bawah naungan Yayasan pendidikan Islam Al Atsari Yogyakarta. Rado Muslim berkomitmen menyebarkan dakwah Islam yang sesuai dengan Alquran dan Assunnah sesuai dengan pemahaman para sahabat. Saat ini, radio muslim beralamatkan di jalan C. Simanjuntak No. 72 Terban kota Yogyakarta
dengan alamat streaming di https://radiomuslim.com atau http://live.radiomuslim.com.

Buletin At-Tauhid
Buletin At Tauhid merupakan buletin dakwah yang disebarkan secara rutin setiap Jum’at. Materi yang disampaikan difokuskan pada pembenahan aqidah kaum muslimin dan penanaman Sunnah Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam sebagaimana motonya ‘Memurnikan Aqidah, Menebarkan Sunnah’. Buletin ini disebarkan ke berbagai masjid yang ada di Yogyakarta (sekitar 150 masjid) setiap hari Jum’at sebanyak 15000 eksemplar (atau setara dengan 30 rim).

Multimedia
Multimedia YPIA adalaha divisi yang menangani perekaman, livestreaming, pengeditan video kajian,
serta permasalahan seputar pensiaran gambar dan video melalui social media yang ada. Saat ini Multimedia YPIA memiliki 1 buah channel di Youtube bernama “Atsar”.

BIDANG KEMUSLIMAHAN

Muslimah.or.id

Muslimah.or.id merupakan situs web di bawah naungan YPIA, berupa Bingkisan yang tersaji & terbungkus cantik dengan motto Meraih Kebahagiaan Muslimah di Atas Jalan Salaful Ummah. Ini Bukan sekedar kata-kata manis yang kami tuliskan untukmu dan bukan sekedar pula uraian indah yang menghanyutkan rasa hati untuk sementara waktu. Kami bawakan untukmu sesuatu yang lebih manis dari itu sehingga engkau dengan seizin Allah ta’ala akan merasakan manisnya iman, kebahagiaan melakukan ketaatan dalam syari’at-Nya dan kerinduan mendapatkan ilmu karena-Nya, baik dalam perkara dunia apalagi akherat. Kami berikan untukmu dengan landasan yang kokoh, yaitu Al-Qur’an dan As-Sunnah, dan dengan pemahaman dari generasi terbaik dari umat ini (salafush sholeh).

Semoga bingkisan ini dapat menjadi ilmu yang bermanfaat, sehingga kita bisa menjadi wanita seperti ‘Aisyah yang cerdas, Khodijah yang bijaksana, Asiyah yang pemberani dan seperti shohabiyah-shohabiyah yang lain. Jika engkau wahai Saudariku, masih berbaring bermalas-malasan, maka duduklah untuk berfikir sejenak untuk merencanakan tujuan hidup yang lebih baik, jika engkau telah duduk, maka bangkitlah berdiri untuk mempersiapkan meraih apa yang telah Saudariku rencanakan. Jika engkau telah berdiri maka berlarilah wahai Saudariku, gapailah finish di Surga Firdaus-Nya, maka itulah kenikmatan yang kita cari dan kita tunggu-tunggu dari saat ini. Tidak ada kata terlambat untuk memulai hal yang lebih baik.

Bingkisan kecil ini sebagai ungkapan tanda kasih kami kepadamu, saudariku. Dan bingkisan ini seakan mengatakan “Kau tak sendiri Saudariku, kami disini juga wanita sepertimu.” Semoga bingkisan ini bisa menjadi Kado yang terindah untuk Saudariku Muslimah.


Forums Kegiatan Kemuslimahan Al-Atsary (FKKA)

Forums Kegiatan Kemuslimahan Al-Atsary (FKKA) adalah wadah untuk mahasiswi muslimah yang berperan aktif dalam menyebarkan dakwah islam khususnya untuk muslimah. FKKA ini berada dibawah divisi bidang kemuslimahan Untuk menyelaraskan visi FKKA yaitu mendakwahkan islam dengan mengambil metode beragama para ulama salafus shalih, maka dirancanglah program unggulan yaitu Wisma Muslimah, Karumah, Muslimah Mengaji, Buletin Zuhairoh, Perpustakaan Syamilah dan Mulazamah.

Profil Kami

Bagikan ke sosial media

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Share on facebook