Laporan Kajian Intensif Pagi Semarak Ramadan 1442 H

Waktu pagi merupakan waktu yang penuh keberkahan, terlebih lagi di bulan Ramadhan yang mulia, tentu keberkahan akan berlipat. Aqidah merupakan hal pokok yang sangat penting untuk dipelajari dan terus diulang kembali agar seorang muslim dapat menjaga dan meningkatkan keimanan, mampu membedakan antara tauhid dengan kesyirikan, mampu membelah antara sunnah dengan bid’ah, seta mampu memahami hakekat-hakekat dan mampu menjadi seorang muslim yang men-tahqiq tauid dengan benar.

Diskripsi Kegiatan

Pada kesempatan di pagi hari bulan Ramadan, YPIA mengadakan kegiatan Kajian Intensif Pagi. Merujuk pada Kitab “Hasiyah Tsalatsatil Ushul” yang ditulis oleh Syaikh Abdurrahman bin Qasim, oleh pemateri Ustaz Dr. Aris Munandar Hafizhahullah. Waktu pelaksanaan kajian ini pada 20 hari pertama Ramadhan 1442 H, 06.00 – 07.15 WIB, yang bertempat di Ponpes Hamalatul Qur’an. Peserta kajiannya Santri Ma’had Al Ilmi Yogyakarta dan Masyarakat Umum, Media yang ikut serta menyiarkan secara langsung dalam jaringan channel Youtube YPIA Academy dan HAQU.

Pelaksanaan Kegiatan

Alhamdulillah kegiatan Kajian Intensif Pagi berlangsung dengan baik dan lancar, setiap
materi yang disampaikan penuh dengan faedah dan kaedah-kaedah baru dalam memahami sesuatu. Manfaat yang di dapat dari Kajian Intensif Pagi ini yakni, “Sungguh Allah telah memberi karunia kepada orang-orang yang beriman ketika Allah mengutus diantara mereka seorang rasul dari golongan mereka sendiri, yang membacakan kepada mereka ayat-ayat Allah, membersihkan (jiwa) mereka, dan mengajarkan kepada mereka Al Kitab dan Al Hikmah. Dan sesungguhnya sebelum (kedatangan Nabi) itu, mereka adalah benar-benar dalam kesesatan yang nyata”. (Qs. Al Imron : 164).

Manfaat Kegiatan

Para peserta kajian diharapkan mampu mengingat kembali ataupun mulai memahami dasar-dasar aqidah seorang muslim, mampu menegakkan tauhid dan menjauhi kesyirikan, mampu membedakan antara sunnah dengan bid’ah, sarta mampu menyeru kepada yang ma’ruf dan menjauhi yang munkar. Pembahasan kitab telah selesai di pertemuan hari ke 18 dan sisa 2 harinya dilanjutkan dengan membahas sebuah kutaib tipis tentang doa-doa yang tidak tertolak.

Dokumentasi Kegiatan

Profil Kami

Bagikan ke sosial media

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Share on facebook