Laporan Kajian Intensif Sore Semarak Ramadan 1442 H

Laporan Kajian Intensif Sore Semarak Ramadan 1442 H YPIA

Imam Bukhari rahimahullah berkata, “Bab ‘Ilmu Sebelum Berkata dan Beramal’, dalilnya adalah firman Allah Ta’ala (yang artinya), ‘Maka ketahuilah, bahwa sesungguhnya tidak ada Ilah (sesembahan, tuhan) selain Allah dan mohonlah ampunan bagi dosamu’.” (QS. Muhammad: 19).

Sebagaimana sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, “Menuntut ilmu itu wajib atas setiap muslim”. (HR. Ibnu Majah. Dinilai shahih oleh Syaikh Albani dalam Shahih Sunan Ibnu Majah no. 224)

Terdapat beberapa alasan yang melatarbelakangi pentingnya kedudukan kitab al-arba’in An Nawawiyah ini:
· Mencakup sebagian besar urusan dan kebutuhan umat Islam di dunia dan di akhirat baik dari aqidah, hukum, syariah, muamalah dan akhlaq.
· Merupakan kumpulan hadits-hadits Nabi pilihan dan merupakan jawami’ul kalim yang memiliki keutamaan dalam pembahasan yang singkat dan padat.
· Hadits-haditsnya merupakan satu kesatuan yang menjadi cakupan ajaran Islam, baik setengahnya, atau sepertiganya atau seperempatnya.
· Banyak digunakan oleh para ulama untuk mengajarkan kepada umat Islam bahkan menjadi
sandaran utama dalam memberikan pemahaman ajaran Islam sehingga sebagian ulama konsen dengan hadits-hadits ini lalu mensyarahnya dengan lebih rinci.

Deskripsi Kegiatan

Pada kesempatan di sore hari bulan Ramadan, YPIA mengadakan kegiatan Kajian Intensif Sore. Merujuk pada syarah kitab al-arba’in an-nawawiyyah, tentang 42-43 hadist dasar Islam. Kitab ini sangat dianjurkan untuk dipelajari bagi para penuntut ilmu maupun para dai, mulai dari rentan usia remaja hingga dewasa. Waktu pelaksanaan kajian ini pada hari 1 – 20 Ramadhan 1442 H, yang bertempat Pondok Pesantren Hamalatul Qur’an. Peserta kajiannya Santri Ma’had Al Ilmi Yogyakarta dan Masyarakat Umum, Media yang ikut serta menyiarkan secara langsung dalam jaringan channel Youtube Radio Muslim Jogja, HAQU TV dan ustadz Aris Munandar.

Pelaksanaan Kegiatan

Pelaksanaan kajian ini, tim Radio Muslim Jogja bekerjasama dengan tim Haqu TV untuk penyiaran kajian online. Kajian ini juga direlay atau disiarkan secara langsung oleh beberapa media dakwah dari kota lain, sehingga berpotensi menambah jumlah pendengar dan pemirsa yang dapat mengikuti kajian ini. Evaluasi untuk kedepannya supaya dibuat lingkup yang lebih luas, supaya iklan bisa dibuat dan disebarkan sebelum kegiatan dimulai.

Manfaat Kegitan

Para Peserta kajian dimudahkannya berlajar mengkaji kitab Al-Arba’in An-Nawawiyyah dan mendapatkan faedah dari Syarah Hadis-Hadis rujukan Utama dalam memahami ajaran Islam, terutama tentang aqidah, hukum, syariah, muamalah dan akhlaq.

Data pemirsa kajian ini dalam 1 hari ada sekitar 500 orang pemirsa melalui akun youtube Radio Muslim, Haqu TV dan ustadz Aris Munandar. Ini hanya dari 3 akun youtube, masih ada beberapa akun media dakwah lain yang ikut menyiarkan kajian ini. Sehingga memungkinkan lebih banyak jumlah pemirsa yang menyimak kajian tersebut.

Dokumentasi Kegiatan

Profil Kami

Bagikan ke sosial media

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Share on facebook