Laporan Kegiatan Kajian Pra Ramadan Semarak Ramadan YPIA

Latar Belakang Kegiatan

Bulan Ramadhan merupakan bulan mulia dan penuh keberkahan. Selain itu bulan Ramadhan menjadi ajang pembinaan kaum muslimin menuju derajat orang-orang yang bertaqwa.

Kedatangan bulan Ramadhan yang dinantikan oleh umat islam sebagai momen yang tepat untuk perbaikan diri dan penyucian jiwa (tazkiyatun nafs). Oleh karena itu, memasuki bulan mulia ini sepatutnya bagi kaum muslimin untuk mempersiapkan segala perbekalan dengan baik sehingga tujuan Ramadhan yang mulia dapat di capai yaitu menggapai derajat orang bertaqwa.

Kegiatan ini menjadi salah satu persiapan kaum muslimin dalam menghadapi ramadhan dengan mengikuti serangkaian kegiatan pra ramadhan karena materi yang disampaikan terkait fiqh-fiqh puasa dll.

Tujuan Kegiatan

Membantu kaum muslimin membawa bekal ilmu dalam menghadapi bulan Ramadhan dengan diselenggarakannya kajian seputar bulan Ramadhan berupa persiapan apa saja yang dibutuhkan, materi fiqh puasa dll, sehingga diharapkan kaum muslimin menyambutnya dengan bekal ilmu.

Waktu dan Tempat Kegiatan

Kajian Pra Ramadan ini berlangsung pada tanggal 3,4, 10 dan 11 April 2021 di kediaman rumah Ustaz Afifi Abdul Wadud Hafizahullah dan Ustaz Aris Munandar Hafizahullah. Kajian diselengarakan berupa acara Semi Talkshow dengan 4 Pemateri via Live Zoom dan Youtube.

Pelaksanaan Kegiatan

Kegiatan di hadiri oleh 3 perwakilan panitia dalam pelaksanaanya yang bertugas ke kediaman ustadz masing-masing dan dibantu oleh Yayasan YTS secara online. Kajian terdiri dari 4 pemateri dengan tema yang berbeda-beda. Namun hanya bisa terlaksana 2 pemateri saja yaitu ustadz Afifi dan ustadz Aris sedangkan 2 pemateri dari YTS tidak bisa mengisi dikarenakan kondisi badan yang kurang fit.

Peserta kajian cukup antusias dalam menghadiri kajian, pada ruang zoom yang disediakan untuk mengikuti kajian terdapat sekitar 100-150 peserta, ditambah peserta yang mengikuti kajian via Youtube. Kajian dilakukan dengan metode semi talkshow yaitu adanya moderator yang membawai acara sebelum penyampaian materi oleh ustadz.

Manfaat Kegiatan

Peserta Kajian mendapatkan bekal ilmu persiapan dalam menghadapi bulan ramadhan berupa hal-hal yang perlu disiapkan, fiqh puasa dll.

Imam Bukhari rahimahullah berkata, “Bab ‘Ilmu Sebelum Berkata dan Beramal’, dalilnya adalah firman Allah Ta’ala (yang artinya), ‘Maka ketahuilah, bahwa sesungguhnya tidak ada Ilah (sesembahan, tuhan) selain Allah dan mohonlah ampunan bagi dosamu’.” (QS. Muhammad: 19).

Umar bin ‘Abdul ‘Aziz berkata, “Barangsiapa yang beribadah kepada Allah tanpa ilmu, maka dia akan membuat banyak kerusakan daripada mendatangkan kebaikan.”  (Al Amru bil Ma’ruf, hal. 15).

Firman Allah ta’ala (yang artinya), “Hai orang-orang yang beriman diwajibkan kepada kalian berpuasa sebagaimana diwajibkan kepada orang-orang sebelum kalian agar kalian bertakwa.” (QS. al-Baqarah: 183).

Kendala Kegiatan

Terdapat beberapa kendala saat kajian ini diselengarakan diantaranya Kurangnya SDM volunteer, komunikasi yang kurang intens karena kegiatan ini diseleengarakan oleh 2 yayasan, kendala di luar teknis dan dugaan dalam pelaksanaan kegiatan yakni mati listrik di tengah kajian yang menyebabkan beberapa sesi kajian terhenti dan Ustaz yang berhalangan mengisi karena sakit dan opname.

Dokumentasi Kegiatan

Profil Kami

Bagikan ke sosial media

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Share on facebook