Daurah Manhaj

Pada hari Senin, 7 Januari 2019 yang lalu, telah dilaksanakan kegiatan “Daurah Manhaj” yang diselenggarakan oleh Divisi Ma’had Al-Ilmi Bidang Pendidikan YPIA. Kegiatan ini merupakan rangkaian dauroh yang menjadi bagian rangkaian pesantren liburan YPIA 2018 dan termasuk dari KBM Ma’had Ilmi TA 1439-1440H. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk Menyebarkan ilmu syar’i secara ta’shily dan sebagai materi tambahan diluar materi regular untuk santri Ma’had Al-Ilmi mengenai manhaj. Kegiatan ini diadakan dari Senin hingga Kamis, 7-10 Januari 2019, pukul 08:00 s.d. 14:30 WIB di Masjid Pogung Dalangan dan Masjid Al-Ashri Pogung Rejo. Kegiatan daurah ini diampu oleh Al-Ustadz Afifi Abdul Wadud hafidzahullah serta diikuti oleh ±55 putra dan ±90 putri.

Daurah ini membahas mengenai manhaj yang mencakup dalam hal akidah, perilaku/suluk, akhlak, mu’amalah, bahkan ia meliputi segala sisi kehidupan seorang muslim. Setiap garis ketentuan yang harus dipatuhi oleh seorang muslim. Dengan diadakannya daurah ini harapannya peserta mengetahui manhaj yang benar agar dapat mengikutinya dan manhaj yang salah agar dapat terhindar darinya.

Acara berlangsung sangat kondusif dan para hadirin menyimak dengan baik. Peserta membaca kitab atau modul yang telah diberikan dan ustadz membaca, memberi penjelasan serta menerjemahkannya. Peserta kajian didominasi oleh para mahasiswa dan mahasiswi yang datang dari berbagai daerah di Yogyakarta maupun dari luar Yogyakarta.

Comments (0)

Komentar anda?