Daurah Musthalah Hadits Ma’had Al-‘Ilmi

Pada hari Ahad, 16 September 2018, telah dilaksanakan kegiatan Daurah Musthalah Hadits membahas kitab Ta’liqot Al-Atsariyyah ‘alal Mazhumatil Baiquniyyah yang disusun oleh Syaikh Ali Hasan Al-Halabi hafizhahullah. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Ma’had Al-‘Ilmi di Masjid Al-Ashri Pogung Rejo, Sinduadi, Mlati, Sleman, D.I. Yogyakarta, pada pukul 08:00 sampai dengan 14:00 WIB yang diampu oleh Ustadz Muhammad Romelan, Lc. hafizhahullah. Kegiatan ini diikuti oleh 41 Santriwan dan 30 Santriwati.

Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memberikan pemahaman kepada para santri terkait ilmu alat yang sangat penting dan wajib diketahui sebagai penuntut ilmu syar’i, yaitu istilah-istilah (musthalah) dalam “dunia” hadits.

Acara berlangsung sangat kondusif dan para hadirin menyimak dengan seksama. Acara ini sangat menarik karena ilmu musthalah hadits merupakan ilmu yang baru bagi para peserta yang tidak hanya berasal dari santri Mahad Al-‘Imi, tetapi juga ada peserta non santri yang ikut hadir dan menyimak.

Materi yang disampaikan pada pertemuan kali ini adalah dari bab Muqaddimah sampai dengan pembahasan mengenai hadits Mu’dhal. Insyaa Allah kegiatan ini akan dilanjutkan kembali pada hari Ahad, 23 September 2018.

Comments (0)

Komentar anda?