Dauroh Nasional Bahasa Arab

Pada hari Senin, 24 Desember 2018 yang lalu, telah dimulai kegiatan “Dauroh Bahasa Nasional Bahasa Arab” yang diselenggarakan oleh Ma’had Umar Bin Khattab (MUBK) dibawah Bidang Pendidikan YPIA. Kegiatan ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan “Pesantren Liburan YPIA 1440 H”. Tujuan dari terselenggaranya kegiatan ini adalah untuk meningkatkan mutu dari para tenaga pendidik bahasa arab.

Kegiatan ini dibagi menjadi dua subkegiatan. Subkegiatan pertama yakni Dauroh Mulakhos Juz II. Kegiatan ini InsyaAllah akan dilaksanakan selama tiga pekan dan tiap pekannya sebanyak empat pertemuan dari tanggal 24 Desember 2018 s.d. 12 Januari 2019. Subkegiatan kedua adalah Dauroh Balaghoh yang dilaksanakan hari Sabtu dan Ahad (5 & 6 Januari 2018). Kegiatan ini bertempat di Masjid Al-Ashri Pogung Rejo, Sinduadi, Mlati, Sleman – D.I. Yogyakarta. Jumlah peserta yang mengikuti kegiatan ini sebanyak 104 orang yang terdiri atas 68 putra dan 36 putri. Kegiatan Dauroh Mulakhos Juz II diampu oleh Al-Ustadz Rizki Amipon Dasa hafidzahullah, sedangkan Kegiatan Dauroh Balaghoh diampu oleh Al-Ustadz Aris Munandar, M.P.I. hafidzahullah.

Kegiatan ini secara garis besar dititikberatkan pada pengajaran Ilmu Shorof dan Ilmu Balaghoh. Shorof merupakan cabang ilmu bahasa Arab yang mempelajari bentuk kata sebelum tersusun dalam kalimat yang meliputi tashrif, i’lal, idgham, ibdal, dan lainnya, sedangkan Balaghoh merupakan cabang ilmu bahasa Arab yang terdiri dari ilmu ma’ani, bayan, dan badii’ yang mempelajari tentang keindahan berbahasa. Penjelasan ini diambil dari kitab Jami’ud durus al-‘arobiyyah yang ditulis oleh Mushthafa Al-Ghalayaini.

Alhamdulillah kegiatan Dauroh berlangsung dengan lancar tanpa suatu kendala yang berarti. Para peserta sangat antusias memperhatikan materi yang disampaikan oleh Ustadz.

Comments (0)

Komentar anda?