Dauroh Tsalasatul Ushul

Pada hari Senin, 24 Desember 2018 yang lalu, telah dilaksanakan Dauroh Tsalasatul Ushul. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Divisi Ma’had ‘Ilmi dibawah naungan Bidang Pendidikan YPIA. Kegiatan ini merupakan rangkaian dauroh yang menjadi bagian dari Pesantren Liburan YPIA 2018 sekaligus KBM Ma’had ‘Ilmi Tahun Ajaran 1439 – 1440 H. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menyebarkan ilmu syar’i secara ta’shily (sistematis) dan juga sebagai materi tambahan diluar materi reguler untuk santri Ma’had ‘Ilmi mengenai aqidah dasar yang patut diketahui oleh setiap muslim. Kegiatan ini diadakan selama empat pertemuan, yakni pada tanggal 24, 26, 27, dan 31 Desember 2018 di Masjid Pogung Dalangan dan Masjid Al-Ashri Pogung Rejo Sinduadi, Mlati, Sleman – D.I. Yogyakarta pada pukul 08:00 s.d. 14:30 WIB. Kegiatan ini diampu oleh beliau Al-Ustadz Yulian Purnama, S.Kom. hafidzahullah serta diikuti oleh kurang-lebih seratus orang peserta yang terdiri dari ikhwan (putra) dan akhwat (putri).

Kajian ini membahas akidah dasar yang patut diketahui oleh setiap muslim. Akidah yang benar merupakan pondasi dari keislaman seorang muslim. Dengan akidah yang benar maka ia akan selamat di dunia dan di akhirat, sebaliknya akidah yang batil akan membawa seseorang kepada kemudaratan. Kitab yang dibahas merupakan kita ringkas yang dibagi menjadi beberapa bagian yaitu mukadimah, Ma’rifatullah (mengenal Allah), Ma’rifatul Islam (mengenal Islam), dan Ma’rifaturrasul (mengenal Rasulullah). Pembahasan tersebut merupakan tiga pertanyaan yang akan ditanyakan kelak di alam kubur yang jika seseorang dapat menjawab pertanyaan tersebut, maka insya Allah menjadi orang yang selamat.

Gambar 1. Suasana kegiatan belajar mengajar di Masjid Pogung Dalangan

Acara berlangsung sangat kondusif dan para hadirin menyimak dengan baik. Peserta menyimak kitab atau modul yang telah diberikan kemudian Ustadz membacakan, menerjemahkan, serta memberi penjelasan. Peserta kajian didominasi oleh para mahasiswa dan mahasiswi yang datang dari berbagai daerah di Yogyakarta maupun dari luar Yogyakarta.


Gambar 2. Suasana kegiatan belajar mengajar di Masjid Pogung Dalangan

Comments (0)

Komentar anda?