Dauroh Ushul Tafsir Ma’had Al-‘Ilmi

Pada hari Sabtu (23/03) dan Rabu (03/04) yang lalu telah dilaksanakan kegiatan Dauroh Ushul Tafsir yang diselenggarakan oleh Ma’had Al-‘Ilmi Yogyakarta. Kegiatan ini bertempat di Masjid Al-Ashri Pogung Rejo dari pukul 08:00 s.d. 14:30 WIB. Kegiatan ini diampu oleh Al-Ustadz Aris Munandar, M.P.I. hafidzahullahu ta’ala dan dihadiri oleh kurang lebih empat puluh orang peserta yang terdiri dari ikhwan (putra) dan akhwat (putri).

Tujuan dari kegiatan Dauroh ini adalah untuk menyebarkan ilmu syar’i secara ta’shily (sistematis) dan sebagai materi tambahan untuk para santri Ma’had Al-‘Ilmi dalam rangka memperkenalkan santri terhadap ilmu-ilmu alat khsusunya ilmu ushul tafsir, sehingga harapannya santri dapat lebih memahami ilmu tafsir berbekal dengan ilmu ushul tafsir ini.

Kegiatan ini merupakan suplemen atau tambahan untuk para santri Ma’had Al-‘Ilmi dalam rangka memperkenalkan santri terhadap ilmu-ilmu alat khsusunya ilmu ushul tafsir. Pada dauroh kali ini, kitab yang dibahas adalah Kitab Lubabut Tahrir fii Ushulit Tafsir karya Syaikh Abdurrahman bin Adil Abdil Ali Al Musydi dan Matan Ushul fiit Tafsir karya Syeikh Muhammad bin Shalih Al Utsaimin rahimahumallahu ta’ala. Ilmu Ushul Tafsir membahas kaidah-kaidah dan dasar-dasar ilmu tafsir. Ushul tafsir menjadi suatu ilmu yang penting karena dengan mempelajarinya dapat mengantarkan kepada pemahaman yang benar dan menyingkap metode-metode yang menyimpang dalam menafsirkan Al-Qur`an.

Acara berlangsung sangat kondusif dan para santri mendengarkan penjelasan dengan baik dan antusias. Ustadz membacakan, menjelaskan, dan sesekali memberikan beberapa penjelasan tambahan dari kitab At-Tahrir fii Ushil Tafsir.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

× Chat Whatsapp