Program Tahsin Spesial Liburan

Salah satu program Pesantren Liburan YPIA 1440 H. adalah Program Tahsin Spesial Liburan. Program ini diselenggarakan oleh Kampus Tahfizh dibawah Bidang Pendidikan YPIA. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengajaran perbaikan bacaan Al-Qur`an / Tahsin kepada para peserta yang terdiri dari Mahasiswa dan Umum. Waktu pelaksanaan direncanakan setiap hari sejak tanggal 23 Desember 2018 s.d. 11 Januari 2019 dari pukul 20:00 – 21:30 WIB. Kegiatan ini dilaksanakan di Masjid Pogung Raya, Masjid Pogung Dalangan, dan Masjid Al-Ashri Sinduadi, Mlati, Sleman – D.I. Yogyakarta. Kegiatan ini diampu oleh beberapa Ustadz diantaranya Ust. Fardi Hidayat, Ust. Wahyudi, Ust. Fahrullazi, Ust. Ghozi Bardi, dan Ust. Bimo Prasetyo serta diikuti oleh 44 orang peserta, Hafizhahumullah.

Kegiatan tahsin dilakukan dengan ustadz menerangkan materi pembelajaran sesuai dengan buku panduan Tajwid Metode Asy Syafi’i karangan Ustadz Abu Ya’la Kurnaedi, Lc. Hafizhahullah. Setelah itu santri diajarkan (dicontohkan) bacaan yang benar lalu santri mengikutinya. Santri juga dikoreksi satu persatu untuk mengetahui kesalahan masing-masing santri. Santri yang berjumlah 44 orang dibagi dalam 5 kelas dengan rincian 4 kelas tahsin dasar dan 1 kelas pra tahsin. Kelas pra tahsin lebih berfokus pada memperbaiki kelancara bacaan Al Qur’an dan sedikit latihan makharijul huruf, sementara kelas Tahsin Dasar berfokus pada latihan makharijul huruf dan hukum-hukum tajwid lainnya.

Santri yang mengikuti program ini antusias dengan pelajaran yang diajarkan. Meskipun kegiatan belajar sampai malam, para santri masih bertahan dan mampu mengikuti pembelajaran dengan serius. Alhamdullah.

Comments (0)

Komentar anda?