Profil YPIA

Yayasan Pendidikan Islam Al-Atsari adalah sebuah yayasan yang bergerak di bidang dakwah publik dan pembinaan generasi muda khususnya mahasiswa dan umat Islam pada umumnya. Yayasan ini berkedudukan di Pogung Rejo RT 14/RW 51 no. 412, Desa Sinduadi, Kecamatan Mlati Kabupaten Sleman Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia. Kode pos 55284. Yayasan ini telah diakui keberadaan dan aktivitasnya dengan adanya akta notaris : Muhammad Fauzan Hidayat, SH. MKn./ Nomor 02/Tanggal 19 September 2011.

Fokus Yayasan

Yayasan ini memfokuskan diri dalam pembinaan mahasiswa khususnya yang diwujudkan dalam bentuk pengadaan kursus bahasa arab dasar, perbaikan bacaan Al Qur’an, kajian islam intensif, dan pondok pesantren mahasiswa. Pembinaan umat secara umum diwujudkan dalam 4 bidang konsentrasi kegiatan, yaitu; pendidikan, dakwah, media, dan kemuslimahan.

Untuk Bidang Pendidikan, YPIA membentuk 4 divisi; Ma’had al-‘Ilmi, Ma’had Umar Bin Khattab (yang dahulu hanya berupa panitia BADAR), Kampus Tahfizh (pembelajaran tahsin dan tahfizh), dan Wisma Muslim (untuk menampung teman-teman mahasiswa yang ingin mendapatkan lingkungan yang kondusif untuk belajar dan mengaji).

Untuk Bidang Dakwah, YPIA membentuk 3 divisi, yaitu; Kajian Umum, FKIM (Forum Kajian Islam Mahasiswa), dan Ma’had Yaa Abati (Ma’had bagi para bapak yang sudah berkeluarga dan bekerja).

Adapun untuk Bidang Media, YPIA membentuk 5 divisi; Buletin At Tauhid, Website Dakwah (www.muslim.or.id dan www.muslimah.or.id), Radio Muslim 1467 AM (streaming : www.radiomuslim.com), Multimedia, dan Publikasi.

Untuk Bidang Kemuslimahan, kegiatan yang ada diwadahi dalam forum yang disebut dengan FKKA (Forum Kegiatan Kemuslimahan Al-Atsari), kegiatannya meliputi Kajian Rutin Muslimah (Karumah), Muslimah Mengaji, dan Buletin Muslimah Zuhairoh.

Pendiri

Pada awalnya, yayasan ini dibentuk dengan nama Lembaga Bimbingan Islam Al-Atsary yang dipelopori oleh; Ust. Kholid Syamhudi, Lc. (Alumnus Universitas Islam Madinah Arab Saudi), Ust. Abu Sa’ad Muhammad Nur Huda, M.A. (Alumnus Universitas Islam Darul ‘Ulum Pakistan), dan Ust. Fauzan bin Abdillah, S.T., M.A. (Alumnus Universitas Gadjah Mada Yogyakarta) beserta beberapa penggerak dakwah lainnya yang tidak dapat disebutkan satu persatu di sini.

Pengawas Yayasan

  1. Ustadz Noor Akhmad Setiawan, S.T., M.T., Ph.D.
  2. Ustadz Abdussalam Busyro Abdul Manan
  3. Dr. Eng., Tri Agung Rohmat, B.Eng., M.Eng.
  4. dr. Muhammad Arifudin
  5. drg. Ahmad Maftuh

Pembina Yayasan

  1. Ustadz Afifi Abdul Wadud, BIS.
  2. Ustadz Aris Munandar, S.S., M.P.I.
  3. Ustadz Abu Salman, BIS.
  4. Ustadz Khanif Muslim, S.Pd.
  5. Ustadz dr. Adika Mianoki, Sp.S.
  6. Raden Indra Pratomo Purnomo, S.T., M.Eng.

Ketua Umum

  • Ndaru Triutomo,S.Si.

Comments (0)

Komentar anda?